KECAMATAN KEDUNGPRING KABUPATEN LAMONGAN JAWA TIMUR

Senin, 18 Februari 2013

PENDIDIKAN

Pendidikan adalah satu hal penting dalam memajukan tingkat SDM (Sumber Daya Manusia) yang dapat berpengaruh dalam jangka panjang pada peningkatan perekonomian. Dengan tingkat pendidikan yang tinggi maka akan mendongkrak tingkat kecakapan masyarakat yang pada gilirannya akan mendorong tumbuhnya ketrampilan kewirausahaan dan lapangan kerja baru, sehingga akan membantu program pemerintah dalam mengentaskan pengangguran dan kemiskinan. Prosentase tinggkat pendidikan Desa Kandangrejo dapat dilihat pada Tabel


Tamatan Sekolah Masyarakat

No  / Keterangan  / Jumlah   /  Prosentase

1 Buta Huruf Usia 10 tahun ke atas            / 5 / 0.2 %
2 Usia Pra-Sekolah                                         / 59  / 1.9 %
3 Tidak Tamat SD                                             / 67  / 2.2 %
4 Tamat Sekolah SD                                        / 1.358  / 44 %
5 Tamat Sekolah SMP                                    / 888  / 28.8 %
6 Tamat Sekolah SMA                                    / 639   / 20.7 %
7 Tamat Sekolah PT/ Akademi                     / 68    /2.2 %



Dari daftar di atas menunjukan bahwa mayoritas penduduk Desa Kandangrejo hanya mampu menyelesaikan sekolah di jenjang pendidikan wajib belajar sembilan tahun (SD dan SMP). Dalam hal kesediaan sumber daya manusia (SDM) yang memadahi dan mumpuni, keadaan ini merupakan tantangan tersendiri.
Rendahnya kualitas tingkat pendidikan di Desa Kandangrejo, tidak terlepas dari terbatasnya sarana dan prasarana pendidikan yang ada, di samping tentu masalah ekonomi dan pandangan hidup masyarakat. Sarana pendidikan di Desa Kandangrejo baru tersedia di tingkat pendidikan dasar 9 tahun (SD dan SMP), sementara untuk pendidikan tingkat menengah ke atas berada di tempat lain yang relatif jauh.
Sebenarnya ada solusi yang bisa menjadi alternatif bagi persoalan rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Kandangrejo yaitu melalui pelatihan dan kursus. Namun sarana atau lembaga ini ternyata juga belum tersedia dengan baik di Desa Kandangrejo. Bahkan beberapa lembaga bimbingan belajar dan pelatihan yang pernah ada tidak bisa berkembang.

0 komentar:

Posting Komentar